JUAL GAMELAN LENGKAP MURAH BERKUALITAS

Gamelan Jawa dan Sejarah Asal Usulnya – Gamelan merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang terkenal dalam bidang musik, seperti musik tradisional, alat musik drumband dan juga Instrumen gamelan banyak tersebar di berbagai daerah Nusantara Indonesia. Gamelan terdapat di Pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok serta beberapa daerah lainnya. Setiap daerah mempunyai varian alat musik Drgamelan yang berbeda-beda baik nama maupun bentuknya. Khusus di daerah pulau Jawa, gamelan disebut dengan istilah gong. Istilah tersebut populer sejak abad ke-18. Kata gamelan jawa berasal dari kata bahasa Jawa, gamel, yang mempunyai arti dasar ‘pukul’ jadi gamelan adalah alat musik yang dipukul atau ditabuh. Pada umumnya gamelan terbuat dari kayu dan gangsa, sejenis logam yang dicampur tembaga atau timah dan rejasa. Sebagai alat musik pengiring instrumen gamelan terdiri dari kendang, bonang, slenthem, demung, saron, kenong, clempung, kethuk, japan, kempyang, kempul, peking, panerus, gender, gambang, suling, siter, dan gong.

Asal Muasal Alat Musik Gamelan Jawa

Pertama alat musik instrumen gamelan dibuat berdasarkan relief yang ada dalam bangunan megah Candi Borobudur pada abad ke-8. Didalam relief di candi tersebut, terdapat beberapa alat musik yang mulai dari kendang, kecapi,  suling bambu, dawai yang digesek atau dipetik, serta lonceng. Tapi ada sebagian sejarawan yang meyakini Gamelan sudah ditemukan sebelum Candi Biribudur dibangun.

Setelah abad ke-8 alat musik gamelan ini dijadikan sebagai alat musik dalam alunan musik instrumen gamelan pada masyarakat jawa. Alat musik yang terpahat di relief Borobudur tersebut dipakai untuk memainkan gamelan. Pada saat pengaruh budaya Hindu-Budha mulai berkembang di Kerajaan Majapahit, gamelan diperkenalkan secara luas kepada masyarakat Kerajaan Majapahit, mulai dari kalangan bangsawan sampai masyarakat biasa.

Pada zaman dahulu kebanyakan orang Jawa meyakini bahwa gamelan itu sendiri diciptakan oleh Sang Hyang Guru Era Saka, beliau adalah dewa yang dulu menguasai seluruh tanah Jawa. Sang dewa Hyang Guru Era Saka inilah yang menciptakan alat musik gong, yang berfungsi untuk memanggil dewa-dewa.
Alunan suara musik gamelan jawa di daerah Jawa sendiri disebut dengan istilah karawitan. Karawitan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan alunan musik gamelan jawa yang halus. Pada seni karawitan yang menggunakan instrumen gamelan  yang terdapat pada seni tari dan seni suara khas Jawa, yaitu sebagai berikut.

Pertama,  Seni suara terdiri dari sinden, gerong, sendon, bawa, dan celuk.
Kedua,  Seni pedalangan yang terdiri dari wayang kulit, wayang gedog, wayang golek,  wayang klithik, wayang suluh, wayang beber, dan wayang wahyu.
Ketiga,  Seni gerak tari yang terdiri dari tarian srimpi, tari bedayan, golek, tari pethilan, dan tari wireng.

Biasanya pada seni gamelan Jawa biasanya dimainkan untuk mengiringi seni suara, seni tari, dan atraksi wayang.  Tapi seni Gamelan juga bisa digunakan pada acara resmi kerajaan di keraton sebagai alunan musik pengiring. Di keraton, terutama jika ada anggota keraton yang melaksanakan pernikahan tradisi Jawa. Pada prkembangan zaman banyak masyarakat Jawa biasa pun menggunakan alunan musik gamelan ketika melaksanakan resepsi pernikahan.

Melihat dari uraian sejarah gamelan diatas membuktikan bahwa gamelan sebagai khasanah budaya Nusantara yang tidak ternilai harganya. Oleh arena itu sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya mari kita bisa mempelajari dan menularkan pengetahuan kita dalam bermusik menggunakan instrumen Gamelan. Untuk pengadaan alat musik Gamelan bisa di order di website kami.

c

This entry was posted in Jual Gamelan Jawa and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *